header
 
 
 
Berita
DIGITAL GOVERNMENT SERVICES BIDANG KESEHATAN21-11-2008
 
spacer_11.gif
 
imgs Pesatnya perkembangan teknologi informasi telah memberikan stimulan yang sangat efektif untuk membangkitkan inovasi-inovasi layanan dan bisnis disegala bidang dan secara bersamaan juga mendorong begitu cepatnya teknologi telekomunikasi dan informatika dalam rangka memberikan performansi operasional dan kualitas informasi yang lebih baik.

Dari kondisi tersebut maka ada dua sisi aktifitas organisasi yang secara paralel berkembang yaitu akses sistem dan sistem informasinya.

E-government merupakan salah satu pilar dalam teknologi informasi yang menjadi pondasi sistem dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang efisien dan transparan sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.  Sebagai public services pemerintah dituntut dapat menciptakan iklim yang kondusif, pelayanan yang cepat dan akurat, berorientasi pada kepuasan masyarakat, sehingga dapat dirasakan manfaat yang maksimal dari implikasi penerapan e-government.


Jogja Cyber Province merupakan blue print yang menjadi acuan pengembangan e-government di Daerah Istimewa Yogyakarta yang melakukan transformasi layanan yang berorientasi pelanggan (masyarakat)  dengan berbasis pada bisnis proses, informasi, dan pengetahuan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai akselerator pembangunan wilayah propinsi yang berdaya saing, nyaman, mandiri, efisien, dan efektif.  Layanan yang berbasis pada Teknologi Informasi ini oleh Pemerintah Provinsi DIY dikemas dalam bentuk Digital Government Services (DGS). Dengan kata lain pelayanan kepada masyarakat didukung (support) oleh teknologi yang menyediakan data dan informasi yang bersifat digital.

Saat ini enam bidang unggulan Pemerintah Provinsi DIY yang sudah berjalan dan dikembangkan adalah Bidang Pendidikan, Bidang Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi, Bidang Pariwisata, Bidang Pertanian, Bidang Perikanan dan Kelautan, dan Bidang Perhubungan.  Tahun 2008 pengembangan DGS diorientasikan pada Bidang Kesehatan dan Bidang Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Bidang Kesehatan merupakan salah satu bidang yang mendapat perhatian untuk pengembangan DGS Pemerintah Provinsi DIY. Hal ini dipandang signifikan karena Bidang Kesehatan merupakan bidang yang aktif memberikan pelayanan kesehatan dan sangat berperan pada tingkat / derajat kesehatan masyarakat. Pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat dapat bersifat secara langsung ataupun informatif. Seperti pelayanan kesehatan keluarga, gizi, jamkesmas, sanitasi, laboratorium hingga pelayanan informasi dari hasil kajian dan penelitiaan bidang kesehatan.

Dengan adanya DGS Bidang Kesehatan, diharapkan mampu memberikan ruang pelayanan yang informatif maupun interaktif kepada masyarakat (customer).  Sumber data dan informasi berasal dari kegiatan-kegiatan pelayanan kesehatan pada masing unit-unit organisasi Dinas Kesehatan Provinsi DIY yang selama ini masih dilakukan dalam bentuk manual. Data dan informasi tersebut kemudian ditransformasikan ke bentuk digital yang memanfaatkan teknologi informasi berbasis web.


Pada tahapan saat ini telah dilakukan identifikasi layanan-layanan unggulan bidang kesehatan yang memiliki karakteristik : berorientasi pada kebutuhan masyarakat, berpotensi untuk dikembangkan (high potential), layanan inovatif (strategic),  efektif dan integritas (key operational), dan menciptakan efisiensi (support). Kemudian dilakukan pengembangan aplikasi web berdasarkan layanan unggulan yang diidentifikasi. DGS bidang kesehatan yang dihasilkan saat ini bersifat informatif kepada masyarakat dan layanan interaktif  untuk layanan registrasi online tenaga kesehatan.  Layanan unggulan bidang kesehatan dapat dipahami bahwa Dinkes Provinsi DIY berperan :

  1. Sebagai pusat informasi kesehatan (Health Information Center)
  2. Sebagai penyedia informasi yang terpercaya (reliable) dan capable untuk memetakan kondisi kesehatan masyarakat.
  3. Melakukan analisa kesehatan berdasarkan data yang komprehensif dari semua unit-unit kesehatan.
  4. Melakukan pemantauan dan pengendalian masalah kesehatan melalui Health Monitoring System.
  5. Konsultan kesehatan bagi masyarakat, baik secara online (web) maupun offline.

Fitur-fitur layanan unggulan bidang kesehatan saat ini  yang dikembangkan meliputi : registrasi tenaga kesehatan, forum kesehatan, info rumah sakit, info puskesmas, pelatihan kesehatan, penelitian laboratorium kesehatan, promosi kesehatan, tips sehat, keluarga sehat, jamkesmas,  info lingkungan sehat, info penyakit menular, dan lain-lain.

Pengembangan DGS merupakan inisiatif yang dikembangkan guna mendorong pemanfaatan teknologi ICT seluas-luasnya bagi masyarakat dan pemerintah untuk meningkatkan interaksi satu dengan lainnya sehingga diharapkan dapat mengakselerasi upaya peningkatan taraf hidup dan daya saing. Dari uraian diatas, maka satu hal lagi yang sangat penting perlu dipersiapkan adalah sumber daya manusianya (SDM) untuk menghadapi perkembangan TI, sehingga mampu melakukan pengembangan-pengembangan terhadap sistem existing dan berinovasi yang dapat menjadi produk layanan kesehatan unggulan yang didukung oleh enabler pada sisi Teknologi Informasi. Layanan bidang kesehatan yang diimplementasikan dalam wujud Digital Government Eservice (DGS) ini disebut “JOGJA SEHAT”, dengan harapan terwujud masyarakat jogja yang sehat fisik dan mentalnya. Semoga.

spacer_05
 
Product View
 
 
spacer_05
 
25 - 04 - 2014
 
spacer.gif
 
New Product
spacer_08.gif
Digital Government Services05-12-2008imgs

DGS merupakan pelayanan prima kepada masyarakat apabila ada keselarasan antara aspirasi, kebutuhan, dan kemampuan masyarakat dengan proses kerja pemerintah yang didukung oleh layanan ICT



Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian ( SIMPEG )21-11-2008imgs

Sistem Kepegawaian di pemerintahan / perusahaan bertujuan untuk kelancaran tugas organisasi dan menjadi unsur pendukung untuk kelancaran aktifitas administrasi.



Agenda
spacer_01.gif
Sosialisasi DGS15-11-2008Sosialisasi DGS